Sabtu, 09 April 2016

Afrika Selatan "Negara Berkembang" yang Maju di Kawasan Afrika

A. Profil Singkat
  • Ibukota : Cape Town
  • Bentuk pemerintahan : Republik
  • Kepala Negara : Presiden
  • Kepala Pemerintahan : Presiden
  • Luas wilayah : 1.221.037 km2
  • Bahasa resmi : Afrika, Inggris
  • Lagu kebangsaan : The Call of South Afrika
  • Mata uang : Rand
  • Penduduk : 44,187,637 jiwa
    Kepadatan : 36 jiwa / km2


Afrika selatan merupakan salah satu negara tertua di benua Afrika yang menganut sistem demokrasi, dulu sebelum negara ini ada, daerah di Afrika Selatan dihuni oleh beberapa suku asli yang mendiami tanah Afrika bagian selatan, suku-suku tersebut ialah suku Zulu, Bushman, Khoi yang hidupnya nomaden dan berburu. Dan setelah itu,  tepatnya pada tahun 1652 datanglah Belanda untuk menjajah Afrika Selatan ini, yang melandasi Belanda ingin menjajah Afrika Selatan karena memiliki aneka tambang berlian, emas dan platina yang melimpah. Tetapi tidak cuma Belanda saja yang tergiur untuk menguasai Afsel ternyata Inggris juga mempunyai keinginan yang sama dengan Belanda. Akhirnya pertempuran pun terjadi dan akhirnya dimenangkan oleh Inggris. Akhirnya Inggris Raya berhasil menguasai Afsel. Semenjak itu urat nadi perekonomian dan perpolitikan di Afsel dikuasai oleh kulit putih, tidak hanya itu pemerintahan kulit putih mengeluarkan kebijakan rasialist, pemisahan kulit putih dan kulit berwarna, kebijakan itu dinamai Apartheid, tapi sebelum menjadi negara yang menganut sistem demokrasi, negara ini sering di kecam penduduk dunia dengan menganut politik “apharteid”. Pada tahun 1961, negara Afrika selatan resmi sebagai negara yang menganut sistem Republik dan memiliki 11 bahasa resmi.
Sebelum tahun 1994, Hak untuk mengikuti pemilihan presiden hanya untuk masyarakat berkulit putih saja. Presiden Afrika Selatan memegang dua jabatan, yaitu sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Kota utama di Afrika Selatan adalah Johannesburg, Durban, Cape Town, Pretoria, Kimberley, Port Elizabeth dan Bloemfontein. Nelson Mandela merupakan Presiden kulit hitam pertama di afrika Selatan dan merupakan penggemar batik Indonesia. Di Afrika Selatan, batik Indonesia di sebut sebagai Mandela’s shirt, sehingga masyarakat disana tidak berani untuk memakainya.

Kaum yang terbesar di Afrika Selatan adalah kaum pribumi berkulit hitam yaitu 77 %. Sisanya adalah orang kulit puith, orang berwarna( orang dari Asia atau berdarah campuran)dan orang berbangsa India. Afrika selatan merupakan negara dengan penduduk kulit putih terbanyak di benua Afrika.

B. Keunggulan Afrika Selatan

Afrika Selatan terkenal seantero dunia sebagai salah satu produsen utama berlian, emas, dan platinum. Akibat kandungan berlian yang berlimpah, negara ini pernah menjadi perebutan negara Belanda Inggiris, yang akhirnya dimenangkan Pihak Inggris. Negara Afrika Selatan termasuk Negara kaya dengan hasil tambang. Selain emas, berlian dan platinum, di sana juga kaya  kromium, antimoni, arang biji besi, manganese, nikel, fosfat, biji timah, uranium, kuprum, vanadium, garam, dan gas asli. . Bursa Saham di Johannesberg begitu besar, sampai pernah berada di urutan ke – 10 terbesar di dunia dan di sektor industri Afrika Selatan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Afrika selatan menempati urutan ke – 27 terbesar dunia dari segi ekonomi dengan Produk Domestik Broto senila $254 miliar. Bahan komoditas yang diekspor antara lain : alat – alat mesin, makanan dan peralatan, bahan kimia, produk petroliam dan peralatan ilmiah serta buah yang menempati urutan kedua terbesar di dunia.
Singita di Afrika Selatan di pilih sebagai hotel terbaik dunia oleh para pembaca majalah pariwisata ternama. ( Conde Nast Traveller). Di Afrika selatan juga terkenal sebagai tempat terbaik di dunia untuk melihat paus dari darat, tepatnya di daerah Hermanus, Tanjung Barat. Dan pada tahun 2002, Afrika Selatan adalah daerah tujuan Turis dengan pertambahan tercepat dunia. Pada tahun 2010 Afrika Selatan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia yang juga menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Afrika Selatan.
Cape Town
Durban
Pantai St. James



C. Keterlibatan Afrika Selatan dalam Dunia Internasional


Afrika Selatan merupakan salah satu negara yang aktif dalam organisasi – organisasi internasional seperti PBB, WHO, WMO dan WTO. Dan menurut Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlangsung pada tanggal 19 April tahun 2015 kemarin, Afsel berencana menjadi wakil dari  Benua Afrika untuk duduk di Dewan Keamanan PBB. Durban adalah pelabuhan terbesar Afrika dan terbesar kesembilan dunia dan sebanyak 39 juta penduduknya adalah pengguna telepon genggam di Afrika Selatan ( persatuan Telekomunikasi Internasional).



D. Faktor-faktor yang Membuat Afsel Masih Dikatakan Negara Berkembang


Negara berkembang adalah negara-negara yang tengah gencar-gencarnya menjalankan proses pembangunan untuk mencapai kesejahteraan hidup bagi masyarakatnya. Proses pembangunan tersebut taraf keberhasilannya masih tergolong rendah sehingga pendapatan per kapita negara berkembang masih rendah. Rendahnya pendapatan per kapita menyebabkan standar kehidupan masyarakat masih rendah. Oleh karena itu, GATT (Government Agreement on Tariffs and Trade) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan negara berkembang adalah negara yang perekonomiannya hanya mampu mendukung standar kehidupan yang rendah dan masih dalam tahap awal pembangunan. Kelompok negara-negara berkembang sering disebut sebagai Negara Dunia Ketiga (The Third World). Hal ini berkaitan erat dengan sejarah negara berkembang yang umumnya pernah mengalami masa penjajahan.
Pada masa lalu, negara-negara jajahan sering dijadikan sebagai sumber bahan mentah bagi kepentingan industri, juga dijadikan sebagai sumber tenaga kerja yang murah. Proses panjang masa penjajahan telah mengakibatkan negara-negara bekas jajahan mengalami kelambanan dalam pembangunan. Karena itulah, negara-negara berkembang umumnya masih dibebani keterbelakangan dalam banyak hal. Seperti, rendahnya pendidikan, penguasaan teknologi yang rendah, pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan lain-lainnya.
Adapun Ciri-Ciri negara berkembang, antara lain sebagai berikut.
  • Pendapatan per kapita rendah.
  • Tingkat pendidikan penduduk yang masih rendah.
  • Tingginya angka pertumbuhan penduduk.
  • Banyaknya angka kematian bayi (Infant Mortality Rate/IMR).
  • Angka harapan hidup yang rendah.
  • Banyak penduduk miskin.
  • Banyaknya pengangguran.
  • Angka ketergantungan masih tinggi.
  • Adanya ketergantungan pada sektor pertanian dan ekspor barang-barang primer.
  • Sumber daya alam masih banyak yang belum diolah karena kekurangan tenaga ahli.
  • Banyak kekurangan modal sehingga mengandalkan pinjaman luar negeri.
  • Adanya ketergantungan pada impor barang-barang industri.
Menurut beberapa indikator di atas negara Afsel masih tergolong ke dalam negara berkembang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya :

1. Tingkat pengangguran yang tinggi
  • Tingkat pengangguran: 24,7%
    Pertumbuhan GDP 2011: 3,1%
  • Afrika Selatan merupakan negara Afrika berekonomi terbesar sekaligus pemilik tingkat pengangguran tertinggi di antara 50 negara ekonomi terbesar dunia. Tidak seperti kasus di Eropa yang mengalami peningkatan pengangguran pesat, situasi di Afrika Selatan bukanlah kasus baru. Tingkat pengangguran Afrikas Selatan sudah melampaui 20% sejak 1997.
  • Faktor penyebab utama tingginya pengangguran di Afrika Selatan adalah sejarah apartheid negara ini. Menurut Theo Sparreboom, ekonom buruh senior di ILO, apartheid telah menciptakan pasar gelap ketenagakerjaan. Pada triwulan pertama 2012, angka pengangguran melambung hingga 25,2% dibanding triwulan terakhir 2011 yang 'hanya' 23,9%.
  • Lapangan kerja baru tercipta di sektor ritel dan manufaktur, namun sektor konstruksi, pertambangan dan penggalian ramai-ramai mengurangi jumlah pekerja. Hanya sedikit sekali dari 1 juta orang yang kehilangan pekerjaannya saat resesi telah menemukan pekerjaan baru. Pertumbuhan ekonomi juga tetap di bawah 7%.
  • Tingginya pengangguran juga berakibat meningkatnya utang rumah tangga di Afrika Selatan. Menurut bank sentral, persentasenya mencapai 75% dari penghasilan yang disisihkan. Mereka yang masih bekerja tidak hanya harus menopang anggota keluarga inti, tapi juga saudara-saudaranya. Seperti membayar uang sekolah dan tagihan kesehatan. Para ahli mengkhawatirkan masalah utang Afrika Selatan akan makin memburuk seiring bank-bank terpaksa mengambil pinjaman tak aman/terjamin.
2. Angka kematian ibu dan anak 
  • Afrika Selatan merupakan negara dengan angka kematian bayi yang masih tinggi. Padahal laju perekonomian negara tersebut paling maju dibandingkan negara lain di benua Afrika.
  • Angka kematian bayi di Afrika Selatan mencapai 32,8 kematian per 1.000 kelahiran pada tahun 2013. Jumlah ini lebih tinggi dibanding negara-negara yang memiliki pendapatan per kapita yang sama. Menurut UNICEF, anak-anak yang memperoleh ASI eksklusif dapat bertahan 14 kali lebih besar di enam bulan pertama kehidupannya. Hanya saja, tingkat ibu menyusui di Afrika Selatan masih sangat rendah, yakni hanya 7,4 persen. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kemiskinan dan pemasaran yang efektif dari perusahaan susu formula bayi.
  • Ibu menyusui yang berasal dari keluarga miskin, harus segera bekerja kembali, sesaat setelah melahirkan. Hal itulah yang membuat mereka tidak dapat menyusui bayi mereka dengan baik. Sementara itu, banyak juga keluarga yang meyakini bahwa susu formula merupakan asupan bayi yang lebih baik dari ASI. Hal inilah yang menjadi pusat perhatian pihak Pemerintah Afrika Selatan.
E. Masalah-masalah yang Dihadapi oleh Afrika Selatan

1. Kekerasan Rasial
  • Ratusan keluarga kulit putih Afrika Selatan hidup dalam kemiskinan setelah negeri itu bebas dari rezim apartheid. Mereka tinggal di daerah kumuh, mengingatkan pada hari-hari terburuk dari zaman Apartheid. Munsieville, salah satu dari 80 kamp yang menyebar di Afrika Selatan, dibangun di lokasi bekas tempat sampah dan merupakan rumah bagi sekitar tiga ratus Afrikaner - seperempatnya adalah anak-anak. Tempat itu ilegal, tidak ada listrik, tidak ada air, tidak ada bangunan yang aman dan makanan sulit didapat.
    Warga di Munsieville mampu menghindari hukum dengan membangun tempat penampungan kecil tanpa fondasi, karena pemerintah melarang bangunan permanen didirikan. Kebanyakan tempat tinggal terbuat dari kayu atau papan besi, dengan lantai tanah.


    Kondisi camp penampungan para Afrikaner

  • Serangan kekerasan di Afrika Selatan pertama menarget toko-toko milik warga asing, terutama dari Somalia dan Ethiopia. Serangan-serangan itu kemudian berkembang dan diarahkan terhadap semua orang asing dari Afrika, sehingga banyak di antara mereka merasa takut dan putus asa. Kekerasan itu telah memaksa banyak keluarga mengungsi ke kamp-kamp darurat yang dilindungi oleh penjaga bersenjata. Karena pengangguran dan kemiskinan yang tinggi di Afrika Selatan, para imigran dituduh mengambil lapangan kerja dari warga Afrika Selatan.
Tindak Kekerasan yg dilakukan oleh kaum Antiimigran
Imigran yg dianiaya oleh kaum Antiimigran

2. Kesehatan dan Narkoba
  • Afrika selatan merupakan salah satu negara terbesar dalam sektor penyakit AIDS dengan 4, 79 juta penduduk yang terjangkit penyakit ini, Afrika Selatan juga merupakan prosuden Marijuana terbesar di dunia. 
  • Kekeringan menjadi salah satu masalah yang alami oleh Afsel. Kekeringan telah melanda banyak wilayah termasuk penghasil utama jagung Afrika Selatan, negara dengan ekonomi paling maju dan produsen utama gandum di benua itu. Afrika Selatan menghadapi kekeringan terburuk dalam puluhan tahun setelah 2015 yang tercatat sebagai tahun paling kering sejak dimulai pada 1904. Harga jagung di Afrika Selatan mencapai rekor tertinggi pada Senin, dengan harga puncak baru pada kontrak Maret untuk varietas putih mencapai 5.106 rand (304 dolar AS) per ton, berdasarkan data Thomson Reuters.
  • Musibah kekeringan diperparah dengan adanya peristiwa El Nino biasanya membawa cuaca lebih kering ke Afrika bagian selatan dan lebih basah ke arah Afrika Timur. Cuaca panas dan kering diperkirakan bertahan hingga awal musim gugur di belahan bumi bagian selatan pada April atau Mei.
Kelaparan yang melanda Afsel
Cegah HIV, beribu-ribu kondom didistribusikan

F. Upaya Pemerintah menanggulangi masalah yang ada

  1. Xenophobia, atau bisa juga disebut ketakutan terhadap orang asing kini telah melanda Afrika Selatan. Kurangnya lapangan pekerjaan dan besarnya jumlah pengangguran menurut para penduduk lokal disebabkan oleh para pendatang atau imigran, hingga munculah gerakan Antiimigran. Kelompok ini melakukan teror terhadap para pendatang atau imigran. di perkirakan belasan orang meninggal dunia dan ribuan imigran meninggalkan rumahnya untuk berlindung di kamp-kamo yang ada. Untuk mengatasi teror ini pemerintah Afrika Selatan melalui jalur hukum dan jalur damai. sebanyak 307 orang tersangka pernah ditangkap oleh pihak berwenang untuk diadili melalui ketentuan hukum yang berlaku.


    Para imigran yang mengungsi akibat serangan para kaum antiimigran
  2. HIV/AIDS, pemerintah Afrika Selatan pada tahun 2015 berhasil menurunkan angka penularan HIV dari ibu ke anak menjadi hanya 2%. Afrika Selatan telah membuat langkah-langkah positif dalam jangka pendek setelah secara radikal mengubah pendekatannya terhadap AIDS di bawah kepemimpinan Motsoaledi. Setelah bertahun-tahun meremehkan bahaya kesehatan umum yang diakibatkan oleh virus AIDS, Afrika Selatan kini secara agresif mendukung program-program  kampanye sadarAIDS , kondom bebas, tes AIDS bagi perempuan hamil dan menggelar program sektor umum terbesar dunia untuk pengobatan dengan obat anti-retroviral bagi mereka yang tertular. Menteri Kesehatan sebelumnya yakin bahwa penyakit itu bisa ditangani dengan obat-obatan alternatif, seperti bawang putih dan bit. Mantan presiden Thabo Mbeki menyangkal penyakit itu sebagai masalah dan melarang penggunaan obat-obatan antiretroviral yang bisa menyelamatkan nyawa di fasilitas-fasilitas kesehatan umum. Motsoaledi mendesak semua orang agar melakukan tes HIV rutin dalam upaya membendung epidemi itu dan menghilangkan diskriminasi atas penderita penyakit itu. Afrika Selatan punya penderita HIV tertinggi di dunia, karena lebih dari 5,5 juta orang hidup dengan penyakit itu atau lebih dari 17 persen penduduk.
  3. Kekeringan akibat El Nino, iklim El Nino kali ini merupakan yang terkuat selama kurun waktu 50 tahun terakhir sehingga menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah Afrika bagian selatan, salah satunya adalah Afrika Selatan. Peristiwa ini telah menyebabkan banyak petani yang mengalami gagal panen, dan harga kebutuhan pokok melonjak tinngi. PBB melalui kerja sama dengan pemerintah berhasil menyusun sebuah program yaitu Program Pangan Dunia atau World Food Programme. WFP telah menyiapkan cadangan makanan di gudang, sehingga memiliki persediaan di tangan untuk membantu orang-orang. WFP juga bekerja dengan pemerintah untuk memberikan petani alat yang mereka butuhkan untuk lebih menahan krisis.
G. Kesimpulan

Kesimpulannya adalah Afrika Selatan masih termasuk ke dalam kategori negara berkembang walaupun mengalami perkembangan ekonomi yang cukup pesat serta pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2010 lalu membuat nama Afrika Selatan semakin di kenal di dunia Internasional, akan tetapi Asel masih terbebani dengan berbagai masalah yang sering dihadapi oleh negara berkembang seperti pengangguran, kemiskinan, kelaparan, tingkat kematian ibu dan anak yang tinggi serta HIV/AIDS yang sampe sekarang masih menjadi fokus pemerintah Afrika Selatan. Sekian yang bisa saya sampaikan apabila di dalam materi sayaa ada informasi yang kurang jelas saya minta maaf yang sebesar-besarnya dan terima kasih atas perhatiannya.




Betapa indahnya perbedaan yang bersatu untuk satu tujuan yaitu membela tanah air.

27 komentar:

  1. Bisa nambah ilmu nih blog nya makasih kak !

    BalasHapus
  2. Bagus skli prospek perkembangan di afrika selatan. . hebat . makasih atas infonya kak

    BalasHapus
  3. Wah...trimakasih bwt postingannya ya...sangat bermanfaat..bisa menambah wawasan..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Afrika memiliki banyak sumber daya dan menurut saya itu mampu membangkitkan perekonomiannya, sektor wisata di afrika juga menyuguhkan keindahan alam yang benar-benar luar biasa..
    Mungkin dalam penulisan berikutnya dapat lebih kritis lagi...

    BalasHapus
  6. sumber daya alam nya,hasil tambangnya mampu mengembangkan afrika untuk lebih lagi menjadi negara yang berkualitas :3333 great.

    BalasHapus
  7. trimakasih udah d share, ini sngat brmnfaat sekali untk kita bisa mengetahui kondisi dalam negeri maupun permasalahan yg trjadi di negara lain khususny Afrika Selatan yg udah di share ini.

    BalasHapus
  8. Wah hebat sekali sangat bermanfaat. Keep going pak !

    BalasHapus
  9. Blognya cukup lengkap yahh, jadi paham nih tentang afrika selatan padahal sebelumnya mikir klo afrika gapunya potensi trnyta potensi alamnya luar biasa ya! Trimakasih utk infonya

    BalasHapus
  10. Blognya cukup lengkap yahh, jadi paham nih tentang afrika selatan padahal sebelumnya mikir klo afrika gapunya potensi trnyta potensi alamnya luar biasa ya! Trimakasih utk infonya

    BalasHapus
  11. Ternyata Afrika selatan banyak memiliki potensi yang lebih ya ,, :D NICE !!!

    BalasHapus
  12. Benua Afrika memang bnyk penderita HIV termasuk Afsel

    BalasHapus
  13. Wow , amazing pokonya afrika ☺

    BalasHapus
  14. Ulasan yang baik dan lengkap, semoga bisa memposting ulasan negara lainnya 😉

    BalasHapus
  15. Ulasan yang baik dan lengkap, semoga bisa memposting ulasan negara lainnya 😉

    BalasHapus
  16. wow , menarik sekali infonya gan , semoga bisa melengkapi postingan dengan negara lain lagi 😃

    BalasHapus
  17. Makasih Informasinya bisa menambah pengetahuan

    BalasHapus
  18. Makasih Informasinya bisa menambah pengetahuan

    BalasHapus
  19. sangat membantu saya dalam mempelajari negara Afrika, makasih kak Bartolomeu :)

    BalasHapus
  20. Tempat wisatanyaa menarik sekali untuk dikunjungii kak . Tapi pemerintah afsel tidak kalah menarik karena mereka berusaha untuk mengatasi segala kesulitan yang terjadi disana . Semoga ada wktu buat bahas negara yg lain kak barto 😀😀😀

    BalasHapus
  21. Tempat wisatanyaa menarik sekali untuk dikunjungii kak . Tapi pemerintah afsel tidak kalah menarik karena mereka berusaha untuk mengatasi segala kesulitan yang terjadi disana . Semoga ada wktu buat bahas negara yg lain kak barto 😀😀😀

    BalasHapus
  22. banyak informasi yang bisa didapat dari blog ini, terimakasih.

    BalasHapus
  23. Wah ,
    Says baru tahu kalau ternyata Afrika Selatan kaya akan berlian, emas, platinum ,dan hasil tambang lainnya.
    keren sekali ,

    nggak salah kalau Afrika Selatan tergabung dlm BRICS ...

    nice info ...

    BalasHapus
  24. Blog ini bagus, informatif,menarik, lengkap, dan enak di baca...
    Lanjutkan!!!

    BalasHapus
  25. Blog ini bagus, informatif,menarik, lengkap, dan enak di baca...
    Lanjutkan!!!

    BalasHapus
  26. Wow ternyata Afel kaya akan hasil tambang yang melimpah ya, tapi sayang sekali masih kekurangan tenaga ahli yang mampu mengolah SDA salah satunya hasil tambang tersebut. Terimakasih kak infonya, memambah pengetahuan tentang afsel..

    BalasHapus
  27. 1xbet korean 2021 odds & picks - Legalbet
    1xbet korean 2021 odds & picks. Bet on football online for real 1xbet cash. ✓ Free 바카라 football prediction site 1xbet septcasino korean 2021 odds.

    BalasHapus